August 9, 2010

PRAKERIN

Boleh posting lagi gak? Boleh laaahh.. suka-suka aku lah! Ok. Rasanya telat banget kalo aku baru heboh ngomongin tentang prakerin sekarang ini. But who care??? … So back to the main topic.
Aku prakerin di ISDC selatan.. awalnya aku pikir perusahaan ini bukan bagian dari telkom, di luar telkom. Tapi terrrrnyataaaaa… akhirnya aku harus berkutat dengan yang namanya telkom-telkom lagi *terima aja deh*. Dari awal sih sebenernya aku udah hopeless banget bakal ditempatin di luar telkom. Secaraaa.. ya gitu lah! Produktif gak jago-jago banget, design graphis cuma hobi-hobian doang, gak ikut osis, gak ikut mpk,.. gubrak banget kan!
Nah, aku kasih tau (buat yang mau tau!) apa aja suka duka yang udah aku rasain di ISDC selatan ini setelah beberapa hari prakerin…

1. Hari pertama         
Waktu dateng, aku, ilo, ryan, sama gicung pada tablo nunggu di luar gerbang kantor telkom. Soalnya ilo repot! *ggrrrr* Ilo said ‘kalo mau masuk harus pake surat pengantar dulu tau! Telpon pak fakih yas, gue gak ada pulsa!’. Seenak jidat tuh anak. Yaudah lah akhirnya aku nelpon pak fakih,.

Nutnutnuuuutnuuuuut… (telpon di angkat)

Aku : “Halo pak. Assalaamu’alaikum pak.”
Di seberang sana : (gak ada suara)
Aku : “Halo pak, haloo”
Di seberang sana : (tetepp gak ada suara) huuffphh
Aku : “Halo pak? Pak fakih? Pak?”
Di seberang sana : (hening)
Aku : (end call aja lah)

Dan hal itu berlangsung selama 4 kali. Ok banget, ngabisin pulsa aku.. kami tidak tahu pasti apa yang sedang terjadi dengan pak fakih saat itu. Sungguh *lebayy*.
Trus tiba-tiba, ada anak transmisi, yaudah akhirnya kita ikut masuk *finally*. Ternyata kalo mau masuk gak perlu pake SURAT PENGANTAR segalaaaa… trus kita say hi dulu ke pak satpam, soalnya kata buyul, kita ini duta, bawa nama baik sekolah, jadi harus keep manner gitu, ok deh bu. Dan ilo sempet di godain dulu sama pak satpam (tau aja ilo maho.. haha). Yaudah kita langsung ke lobby, anak-anak telkom yang mau prakerin (transmisi, switching, akses, IT) di suruh nunggu kehadiran pak warsono dan pak fakih (pendamping untuk ISDC) yang mau nganterin kita ke masing-masing bagian di sana. Waktu itu kita di suruh ngumpul jam setengah sembilan. Setelah nunggu sekitar satu jam-an lah *09.40 WIB*, tibalah yang kita nanti-natikan, teretteret.. pendamping ISDC, pak fakih. Baru nyampe, pak fakih langsung ke resepsionis. Dan blablablawesewesduaarr.. trus dateng ke kita, ‘Yang ISDC siapa?’ Aku, ryan, ilo langsung acung telunjuk. ‘Tunggu dulu disini.’ Pak fakih langsung melesat ke ruangan lain. Sementara kita masih tablo. Trus dateng deh pak warsono, nanya ke anak-anak ‘mana yang ARNET? Mana yang DCS? Mana yang ISDC? Akses mana akses?’ kita pada diem, gak ada yang ngacungin telunjuk. Haha iyalaah, masa kita harus bareng-bareng ngacungin telunjuk semua *not important really*. Teruuss.. sama kaya yang dilakuin pak fakih, pak warsono ke respsionis dan blablablacuitcuittuuussss,.. kata pak warsono ‘yang ARNET, DCS, sama akses ikut saya dulu. Yang ISDC tunggu pak fakih atau bu titin’.. kita yang ISDC pada bingung *bu titin siapaaa?*. yaudahlah kita nungguin pak fakih aja. Dan kita bertiga (aku, ilo, ryan) harus nunggu lagi..
Tiktok. Tiktok. Tiktok. Aaarrrghhh… lama banget pak fakih gak turun-turun. Gak muncul-muncul. Telpon aja deh.

Aku : “Halo pak. Kita yang ISDC gimana nih pak?”
Pak fakih : “Kenapa?”
Aku : “Kita kan masih di bawah pak. Tadi kata pak warsono, yang ISDC disuruh nunggu bapak.”
Pak fakih : “Ngapain nunggu saya??”
Aku : “Kan pembimbing ISDC, bapaaakk..”
Pak fakih : “Oh emang iya yah?”
Aku : GUBRAAKK!! “Iyaaa paak…” (lemes)
Pak fakih : “Yaudah tunggu dulu yaa..”

Tiktok. Tiktok. Tiktok. Pak fakih gak muncul-muncul. Ilo berinisiatif untuk nelpon pak fakih lagi (peMALAKan pulsa terhadapku).
Kesimpulan dari hasil perbincangan ilo dan pak fakih adalah ‘pak fakih bingung, ilo lebih bingung’..
Kita nunggu lagi. Pak fakih masih belom dateng. Yang dateng malah pak warsono. Langsung kita serbu. ‘pak gimana nih pak kita yang ISDC’.
Alhasil kita di urusin sama pak warsono *thanks sir*..
Kita di ajak ke lantai 6. Ketemu sama yang namanya pak heru. Ngobrol-ngobrol-ngobrol.. ternyata surat-surat yang berhubungan tentang prakerinnya kita belom sampe ke beliau *bu yuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuulll*.
Yaudah deh tuh, pak warsono dan pak heru sempet ‘cekcok versi sopan’ dulu sebentar. Ending endingnya kita di terima juga untuk prakerin di situ.
Setelah pak warsono pulang, kita di jelasin sedikit tentang STO-STO gituuu sama pak heru… trus dikenalin sama beberapa karyawan, mas agung dan mas josh (Joshua).. trus kita di ajak ke tempat kita prakerin. Di kenalin lagi deh tuh sama anak-anak (baca: mas-mas) yang juga prakerin disitu, dan ternyata mereka anak IT telkom, namanya kak agung (lagi. Haha) dan kak adka (atau atka atau adhka.. semacam itulaah)..
And you know what? Our first job is ONLINE. Haha.. sampe pulang (jam 16.00 WIB)..

2. Hari kedua
Pagi-pagi ngumpul di lobby lagi, karna lantainya masih basah katanyaaa…
Trus ilo dengan berbaik hati mau niupin lantainya sampe kering *bohoong*. Yaudah kita capcus ke tempat kita.
Sepi banget tuh tempat kalo pagi. Padahal waktu itu kalo gak salah udah jam delapan lewat laahh..
Terus yaaa seperti biasa, ilo sama ryan langsung ol. Sementara akuuuu… baca buku ‘KIAT SUKSES LULUS UJIAN BAHASA INGGRIS’ (please, trust me!).
Pas jam 9-an, pak heru nyamperin kita. Kita disuruh nge-data ip address karyawan dilantai 3 & 5. Langsung deh berangkaaaatt…
Nah,. Pas kita lagi nge-data, ada beberapa karyawan yang nanya pertanyaan yang intinya sama.
Pertanyaan pertama : “ Kok di data lagi?”
Pertanyaan kedua    : “ Kayaknya dari tahun ke tahun di data mulu deh.”
Pertanyaan ketiga  : “ Yang nyuruh orang sisfo ya? (geleng-geleng) Masa setiap anak pkl dikasih kerjaan kayak gini mulu. (senyum ngeledek minta ditabok)”
…. Jadiiiii… yaaaa… gampang banget lah ditarik kesimpulan dari pertanyaan-pertanyaan itu.

3. Hari ketiga
Nge-data ip address lagi di lantai 2 & 4.
Hahaha… si ryan kasian banget di marah-marahin sama ibu-ibu dua kali. Hahaha..
Yang pertama, di lantai 4 ruangan sebelah kanan dari lift.

Ryan : “ Permisi buu…”
Ibu 1 : “ Ya. Kenapa?”
Ryan : “ Maaf bu, saya mau nge-data ip address computer ibu.”
Ibu 1 : (jutek) “ Kemaren kan udah.”
Ryan : “ Belum buu.”
Ibu 1 : “ Kemaren tuh udah di data sama anak-anak lain sampe lima orang gerombolan.”
Ryan : “ Tapi ini kepentingannya beda bu.”
Ibu 1 : “ Udah lah saya gak mau di data. Saya sibuk, sibuk!! Yang laen aja sana. Udah sana! Saya sibuk!”
Ryan : (Pasrah)

Hahaha…
Trus dia lanjut lagi ke ruangan yang sebelah kiri dari lift. Di marahin juga..!! Hahaha. kasian tuh anak. Yang sabar ya yaaan… lumayan lah buat latihan mental.

4. Hari keempat
Hari keempat gak ngapa-ngapain. Cuma ol doang. Tapi kita sempet di saranin sama mas josh buat bikin program untuk ng-input ip gituu.. yaa.. daripada nganggur.. terserah, mau pake access, vb, sql, php, atau apa kek terserah. *makasih mas josh*. Tapii kita semua pada gak ngerjain. Karena program-program yang dibutuhin gak ada. Tapi aku sempet bikin database nya siih di access. Tapi langsung aku tinggal nge-download gitu aja. Haha. Males euy! Yaaudah akhirnya kita dari pagi sampe sore cuma ol doang. Wkwkwk.
Ryan    : Main ninja saga di facebook, facebook, download apaan aku gak tau, ngaskus.
Ilo        : Ngaskus, nge-tweet, wall-wall an fb, download sql, ngaskus.
Aku      : Download pattern & brush photoshop, coret-coret di photoshop.

5. (Masih!!) Hari keempat
Kenapa di pisah? Soalnya ini beda topik, bukan tentang prakerin. Karena aku mau menceritakan beberapa tragedi yang menimpa ku *hiperbola* saat pulang prakerin. Aku list aja yaa..
  1. Antrian panjang dan lamaaaaaa bgt. Di HARMONI.
  2. Di omelin ibu-ibu sableng karena di fitnah ngedorong-dorong dia waktu ngantri.
  3. Berdiri plus desek-desekan (LAGI!!!) di transjakarta (kalo busway itu nama jalurnyaa.. *gag penting*)
  4. Kesel ngeliat para bapak-bapak yang gak mau gantian duduk. Padahal halpada, banyak ibu-ibu yang berdiri sampe kaki mau patah gara-gara kelamaan berdiri. Sumpah!
  5. Traffic jam is very annoying!!! Selama tiga setengah jam. Paraaaaaaaaaaahhhhh! Dahsyat! Luar binasa!! Dan selama itu aku berdiri terus di bus. Dan tetep bapak-bapak masih pada enak-enakan duduk sampe ketiduran. Aaaaaarrrrgghhhhhh!!! Gue butuh ring basket buat nimpuk mereka!!
  6. Dingin bangeeeeetttt… udah kehujanan, kebanjiran, kedinginan pula.
  7. Tukang ojek minta tambahin ongkos dua ribu. Padahal dia tau banget kalo aku pelajar. Mana gak pake jas hujan lagi. Basah lah, jelas..!! Malah minta tambahin ongkos gitu. Aaahhh.. godog nih!
The bad day…
Udah ah pegel.
Tunggu postingan selanjutnya yaaa… ciaaaooouwww…


0 komenkomen:

Post a Comment

Wow.. I love comments! you just made my day! Thanks