September 20, 2010

Dia masih tetap sahabatku

Pagi ini, tepatnya pukul 6 menit 27 detik 31 atau bisa juga dituliskan seperti ini 06:27:31 -____-, salah seorang SAHABATKU mengirimiku sms yang hmm agak membuatku gusar.
Sahabatku itu bernama MNH (atas saran seorang teman, lebih baik gunakan inisialnya saja) teman-teman biasa memanggilnya dengan nama 'I'..
Berikut percakapan yang terjadi via sms antara aku dan SAHABATKU itu..


SAHABATKU:
Tyas, lo hari ini udah mulai masuk kan? Lo udah izin belum kalau kita izin sampai tanggal 17?

PERI KECIL:
Gue masih belum masuk. Gue masuknya besok. Dih, ya lo udah bilang apa belum? Kalau gue sih udah.

SAHABATKU:
Ya Allah, tyas. Kan gue udah bilang ke lo kalau kita minta libur sampai tanggal 20 ke pak heru. Ah egois!

PERI KECIL:
Dih, apa-apaan sih. Pak heru juga ngertilah. Kalau kita izinnya sampai tanggal 17, 18, atau 19, jadi masuknya ya pasti hari ini,. Lagian kok takut banget sih, kan bunda lo udah minta izin.

SAHABATKU:
Mane ti?
Bunda gue izin berangkat awal doang yah. Gue gak minta sampai tanggal berapa ke pak heru karena gue nungguin lo pada mau mulai masuk tanggal berapa!
Eh lo malah izinnya atas nama lo doang bukan semuanya..

PERI KECIL:
Dih, kok lo jadi marah-marah?
Yang izin lo, kok gue yang disalahin. Yang liburan lo, kok gue yang disalahin.
Enak aja. Dan seingat gue, lo pernah bilang kalau lo izinnya sampai tanggal 18an..
Jadi ya gue pikir, lo udah bilang ke pak heru,. Ya mana gue tau kalau lo ternyata belum bilang. Tapi kayaknya lo udah izin.

SAHABATKU:
Gue pernah sms lo kalau mau izin tuh SEHARUSNYA JANJIAN! Biar bareng masuknya! Trus tanggal 18 tuh hari sabtu ya?
Masa iya gue masuk hari sabtu.

PERI KECIL:
Lo pernah sms gue kayak gitu?? WALLAHI, GUE GAK PERNAH NERIMA SMS ITU.
"Trus tanggal 18 tuh hari sabtu ya?
Masa iya gue masuk hari sabtu."<= pikir aja sendiri apa itu mungkin. Dan pikir juga ya, kalau mau izin ya izin aja, kasih tau mau sampai kapan dan gak jadi ketergantungan sama orang gini. Dan bukannya lo yang NYARANIN gue untuk izin sampai tanggal 17, 18, atau 19an lah..
Ya otomatis gue juga mikirnya lo minta izin sampai sekitar tanggal segitu juga dong.. Kenapa sekarang jadi NYALAHIN ORANG LAIN?

SAHABATKU:
Eh lo udah sumpah yah. Gue pernah bilang "eh yas masuk tanggal berapa?" (tanggal 13).. "bentar amat yas. Lo mau libur cuma segitu doang? Kita minta tanggal 20 aja sih biar masuknya bareng trus biar lebih lama juga" (iya juga sih sebentar banget).. "yaudah cepetan izin!".. Eh lo gak bales lagi.
Yah itu kan pikir lo, makanya jangan sok jago baca pikiran orang! Gue nyalahin lo karena gue udah minta ke lo buat izin ke pak heru kalau KITA izin sampai tanggal segitu eh lo malah minta izinnya buat diri lo sendiri.

PERI KECIL:
Iya, gue emang udah bersumpah gak pernah nerima sms lo yang bilang nyuruh kita kalau izin janjian aja. Makanya kalau belajar b. Indonesia yang serius, pikir lagi apa penyusunan kata-kata lo dan apa yang mau lo sampaikan ke orang lain bisa dipahami atau gak sama orang itu. Dan tolong ya lihat segala sesuatu itu dari kacamata orang lain. Kalau orang lain merasa tersakiti akan hal itu, kemungkin besar kita juga akan tersakiti.
Yaudah gue minta maaf untuk semuanya, terlepas dari siapa yang sebenarnya keliru, atau entah gue salah atau gak..

SAHABATKU:
Ah bacot pake ceramah lagi.
Udah ah gak bakal ada habisnya kalau gak ada yang mau ngalah. Oh iya, buat evaluasi. Lo tuh orangnya batu dan suka menyepelekan hal sepele..

PERI KECIL:
Kalau gue batu, sampai kapanpun gue gak akan minta maaf ke lo. Jadi, kok rasa-rasanya terbalik ya. Sepertinya lo yang batu, bukan lagi pemikiran lo yang sekeras batu, tapi hati lo juga. Sejak kapan lo jadi gak mau nerima dan menutup mata dari sesuatu yang lo sebut sebagai 'ceramah' itu???
Dan makasih banget untuk saran lo yang nyuruh gue untuk mengevaluasi diri karena memang itu yang sekarang lagi gue lakukan.
Dan sekali lagi maaf kalau gue banyak salah selama ini..
Dan gue juga minta maaf atas nama MAMA gue, karena beliau yang minta izin ke pak heru.. Sekali lagi gue minta maaf.
Jangan sampai ramadhan dan idul fitri yang udah gue jalankan dengan sepenuh hati ternodai karena hal ini.
Dan, silakan bila anda ingin menjudge saya sebagai orang yang batu, suka menyepelekan hal-hal sepele. Itu hak anda. Saya gak bisa membatasi anda. Itu di luar kuasa saya.
Yah, saya benar-benar minta maaf...


Gak perlu aku jelaskan gimana perasaanku.. Kalian bisa menilainya sendiri..

Komentar mamaku:
"loh? Dia itu yang ke makassar kan? Bukannya dia yang libur duluan? Kok malah jadi tiba-tiba nyalahin orang atas kesalahannya sendiri.. Kenapa minta izin aja pake nitip-nitip? Emang ibunya gak tau? Udah biarin aja gak usah digubris lagi, kan yang penting kamu udah minta maaf.."

meski begitu, dia akan tetap jadi sahabatku, bagaimanapun keadaannya..

0 komenkomen:

Post a Comment

Wow.. I love comments! you just made my day! Thanks