September 20, 2010

Jangan Berlalu Begitu Saja!

Lagi merasa 'mati gaya'? Pengen buru-buru kelar belajar? Atau lagi gak bergairah dengan setumpuk rutinitas sehari-hari?
Hmm, aku juga pernah kok merasakan hal seperti itu. Tapi sebenarnya banyak banget lho hal yang bisa kita lakukan, yang besar banget dampaknya di kemudian hari. Jadi, sebelum memutuskan buat tidur, bermalas-malasan atau cuma sekedar bengong. Coba baca dulu daftar di bawah ini.


1. Kejar & pertahankan prestasi akademis.

Nilai akademis itu akan menjadi 'tiket' kita untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Begitu juga saat kita melamar pekerjaan. Dan perlu diingat, kalau suatu saat nanti kita menyesal dengan nilai akademis yang kurang oke, kita gak bisa mengulang lagi waktu yang sudah lewat & berharap bisa memperbaiki nilai tsb. Jadi, mumpung masih bisa, pakailah kesempatan selama kita masih menikmati bangku sekolah. Lakukan yang terbaik, daripada menyesal nantinya!

2. Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan (yang positif, pastinya!)

OSIS, kesenian, olahraga, panitia pensi, ikut jadi relawan, wuih.. banyak kegiatan yang bisa kita ikuti. Dan semua itu adalah kegiatan positif. Karena selain mencegah kita membuang waktu percuma, bisa menghindarkan kita dari berbagai pikiran iseng untuk melakukan hal negatif seperti terjerumus jadi user atau melakukan seks bebas (naudzu billah..) Dengan semua kegiatan itu, kita bisa menambah pengalaman, melatih kemampuan sosial & menambah teman. Gak cuma itu, saat memasuki dunia kerja nantinya, keaktifan kita saat mengikuti berbagai kegiatan seperti ini, juga menjadi kualifikasi yang penting bagi perusahaan yang kita incar untuk menerima kita sebagai karyawan, lho!

3. Saatnya bergaul seluas mungkin.

Entah teman sekelas, antar kelas, beda sekolah, tetangga satu kompleks atau kenalan di pusat bimbel, bahkan di mall sekalipun, kembangkan 'sayapmu' selebar mungkin. Di masa depan, usaha ini juga akan membantu, lho. Semakin banyak teman yang kita miliki, maka semakin luas pula kesempatan kita untuk mengembangkan diri. Punya banyak teman, gak pernah ada ruginya sama sekali. Jadi, tahan niat kalian untuk 'ngerjain' anak baru yang katanya rese itu. Hehehe. Toh, cuma akan menciptakan musuh baru. Selain itu, gak perlu juga memaksakan diri untuk berstatus 'jadian', kalau itu cuma akan mengurung kalian dalam 'sangkar cinta' (eaaa eaa). Kemana-mana selalu berdua, jadi lupa untuk bergaul, jadi gak bebas lagi untuk melakukan hal yang kita sukai, wah.. mending koleksi gebetan aja deh! Hahahahahaha.

4. Saatnya berkreasi, mengembangkan kreativitas dan menuai prestasi!

Berbagai keahlian, pengalaman dan prestasi yang kita peroleh saat ini lewat ekskul, les dan kegiatan kreatif lainnya, selain menambah pergaulan juga bakal membuat kita tumbuh sebagai pribadi yang lebih percaya diri. Bukan saja akan menambah panjang daftar kelebihan kita, tapi siapa tau berkat 'paksaan' mama untuk mengikuti les b.inggris sekarang ini, beberapa tahun mendatang kita berhasil mendapatkan beasiswa untuk belajar ke luar negeri! Dan bukan gak mungkin kalau ketekunan kita berlatih tari saman (ini cuma contoh ya, bukan untuk membahas kembali masa lalu hehe) bareng teman-teman sekarang ini, bisa membawa kita menjadi duta budaya di ajang internasional!



Nah.. Gimana? Mulai sekarang, setiap kali kita diserang hawa malas belajar, bosan di sekolah, atau tersiksa dengan segudang les dan segala kesibukan lainnya, baca aja lagi daftar di atas *promo xp*. Atau, bisa juga tulis target kalian sendiri. Demi masa depan, jangan biarkan masa-masa 'berseragam' kita, berlalu begitu saja tanpa arti!

0 komenkomen:

Post a Comment

Wow.. I love comments! you just made my day! Thanks