January 29, 2014

full of emotion -part 4-

Pagi itu saya kembali mengirim email ke Ivan, terus menerus saya tanyakan tentang kelanjutan IL saya. Saya benar-benar minta kepastian tentang tanggal IL saya dikeluarkan. Make sure untuk semuanya. Setiap hari, bahkan dalam sehari saya bisa mengirim beberapa email. Tidak ada jawaban. Saya tau betul Anda orang penting! Tapi dia harus bertanggung jawab atas semuanya!

Saya katakan pada Ivan tentang segala kekecewaan saya, about difficulties with visa situation. You promised me to send telex invitation letter several days ago, and till now it didn't happen. I couldn't start my internship in Russia on time..... Saya belum mendapatkan jawaban. Sama sekali. Meski saya hubungi dia lewat apapun itu.

Saya hanya bisa mengandalkan doa ketika itu...

Siangnya, Mba Ipur menghubungi saya...

"Dek, untuk etihadnya bisa diganti tanggal, tapi kena charge 75 USD. Nah, untuk charge nya kami tidak bisa menanggungnya Tyas. Jadi harus Tyas yang mengusahakannya sendiri. Dan untuk tiket aeroflot, juga bisa diganti tanggal, dengan charge 75 USD untuk charge nya pun, Tyas harus mengusahakannya sendiri. Nah Tyas, untuk tanggalnya dipastikan kapan ya, nanti kamu hubungi mba lagi ya dek. Dan jangan sampai ganti tanggal lagi ya. Karena kalau nggak, kamu nanti kena penalti. Oke ya tyas.."

Alhamdulillah... saya bersyukur atas keputusan itu. Jauh lebih baik ketimbang saya harus mengusahakan 12 juta. Benar-benar menegangkan. Semuanya. Mungkin kalau ada alokasi dana untuk ini, saya bisa santai saja. Gak perlu lah repot-repot. Tapi saya memilih untuk mengambil kuas dengan cat warna-warni dan melukis kehidupan saya sendiri. Teman-teman yang lolos, mereka menggunakan uang mereka sendiri. Saya? Inginnya begitu. Tapi ternyata takdir Allah itu pasti lebih indah. Indah sekali :')

Kembali saya benar-benar mengusahakan untuk menghubungi Ivan, sulit. Sementara sore itu juga saya harus memutuskan kapan tanggal keberangkatan saya. Kapan saya harus mengganti departing flight dan returning flight saya? 

Kenapa harus saya putuskan sore itu juga?
karena hari itu adalah tanggal 15 Januari. Sementara tiket yang sudah di issued adalah untuk keberangkatan pada tanggal 16 Januari jam 01.45 WIB. Maka saya gak mungkin untuk memberikan kepastian besok pagi nya.

Sulit. Saya ingat lagi. Saya lihat kembali email-email percakapan saya dengan Ivan. Great! Saya dapatkan! IL saya tanggal 23. Ya! Dia bilang begitu! Kemudian saya cek kembali. Melihat time schedule. Dan segala kemungkinan saya cek. Bismillahirrahmanirrahiim. Saya re-issued tiket untuk keberangkatan tanggal 31 Januari dan kepulangan tanggal 8 Maret.

Kemudian sorenya Mba Ipur menghubungi saya, menanyakan kembali terkait flight schedule saya. Saya ceritakan semuanya. Tentang segala kemungkinan.. Dan oke. Tiket sudah di re-issued.

Kembali saya email ke Ivan

16 Januari 2014
Saya: Please make everything to speed up the process. I've re-issued my tickets for departing flight on 31st of January.  Make sure about dates. Oke :) 23, right? :)

Ivan: I can't be sure about dates :( Because I just translate the information from national committee Russia, I'm telling what they said... They said the same about end of December and so on...

*SHOCKED* ingin pingsan rasanya saya.. Ini bule kok labil bangeeeeeeeeeeettttttt..... Apa dia gak tau saya mati-matian buat dapetin ini semua? HAH????
Ya memang dia gak tau sih..

Saya: What do you mean???? What do you mean about end of December and so on? You said that my IL will be ready on 21-23 of January... Please. Be professional.

Ivan: Look, we sent all the documents for Telex invitation letter in December to our national committee, because they work directly with ministry. And they told us that it will be ready by the end of December, then they postponed dates, and sent us numbers of ILs in January, but because of some mistake in the ministry we were given numbers for wrong people. There was no mistake in name in that IL I sent you, that was IL for another person. Now our national committee works with our ministry to fix this mistake, because ALL the interns that should receive telex ILs have these problems. Now they told us that DDL for IL is 27 of January, but they will start sending them on 23 of January. To make this process faster they need scan of paper that proves u are a student of your university. It should have a stamp and signature of your faculty dean or another person, who can confirm that. And we need it ASAP

Sengaja saya bold kata-kata itu. Dan gak saya balas email dia itu. Dia minta surat keterangan aktif dari fakultas. Oke I'll do it for you... oops. NO! I'll do it for MYSELF!


Besoknya saya kirimkan ke dia. Saya paksa dia. Saya katakan untuk benar-benar memproses IL saya dengan cepat. Meskipun saya sebenarnya sudah faham. Mereka sebenarnya tidak salah. Mereka sudah melakukan sesuai dengan apa yang memang harus mereka lakukan.

Hari itu juga, saya mendapatkan email dari seseorang bernama Ivan Titov. Dia adalah hmmmm apa ya? Gampangnya, dia adalah ketua umum/pusat di Russia. Dia minta maaf pada saya. Pada kami. Panjang sekali. Dan dia jelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Kenapa bisa terjadi hal (menyebalkan) seperti ini. Ini penjelasan darinya:

To explain the situation I need to tell that since New Year of 2014 Russian government made some restrictions and changed policy to apply for telex visa: that happened because of upcoming Olimpics which our country is going to host next month. Basically they increased amount of days needed for checking procedure of a person applying for visa.

Current week MC of Russia was gathering information about the difficulties and possible solution and got to know that your documents will be ready at Wednesday 22. And since 23-24 you could apply to get visa.

oh saya faham. Semakin faham..
Dan saya semakin yakin. Oke IL saya tanggal 23 atau 24 :) nice :)

Tapi saya tetap 'meneror' si Ivan ini terkait tanggal 23. Saya benar-benar gak ingin terulang. Oh ya, berarti saya meneror dua orang Ivan :) Gak masalah!

20 Januari 2014
Saya: please process my IL asap oke :) 

Ivan: We did everything we could, now we only have to wait our ministry

Saya: Oke, let's pray together!

Ivan: Haha. Oke :)

Setelah hari itu? Saya masih terus menghubungi Ivan Pankrashin. Karena si Ivan Titov bilang bahwa yang 'mempertanggung-jawabkanmu' adalah Ivan Pankrashin. Kenapa? Karena saya akan melakukan exchange di daerah tempat Ivan Pankrashin bertanggung jawab. Katakanlah, jika Ivan Titov ketua pusat di seluruh Rusia, maka untuk daerah Tomsk, Ivan Pankrashin lah ketua nya.

Get it?

-bersambung-

0 komenkomen:

Post a Comment

Wow.. I love comments! you just made my day! Thanks